Karena Pilgub, Pelayanan Bikin KTP Elektronik Jadi Lebih Mudah

SERANG, BCO – Perhelatan Pilgub Banten yang sebentar lagi terlaksana di Februari 2017 mendatang ternyata tidak saja menyuguhkan kabar yang berkaitan dengan kontestasinya semata, banyak hal positif yang juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kali ini ada kabar gembira bagi masyarakat yang berusia telah memasuki usia 17 tahun atau sudah menikah per 14 November 2016. Tahapan Pilgub yang semakin dekat dan syarat pemilih yang harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), membuat pengurusan dan pembuatan kartu identitas penduduk tersebut jadi lebih mudah.

Hal tersebut setidaknya diungkapkan salah seorang warga Kabupaten Serang yang telah melakukan perekaman e-KTP di Kantor Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Senin 14 November 2016 kemarin.

Fatimah (17), warga Desa Pelawad Kecamatan Ciruas, mengaku baru pertama melakukan pengurusan KTP-E ini, menurutnya dirinya dipermudah pihak desa dalam membuat KTP tersebut.

“Ini pertama kalinya saya melakukan perekaman. Enggak mengalami kesulitan alhamdulillah,” ungkapnya kepada wartawan, Senin 14 November 2016.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Pelawad, Aspuri. Menurutnya, perekaman KTP-E yang dilaksanakan sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), perekaman masih dilakukan di kantor kecamatan dan Dinas Dukcapil Kabupaten Serang. Tapi saat ini fasilitas alat perekaman sudah tersedia di kantornya. Jadi akses masyarakat bisa lebih mudah.

“Dulu kalau mau melakukan perekaman harus dilakukan di kecamatan, tapi karena disana alatnya rusak perekaman harus dilakukan di kantor dinas, sehingga membludak, sekarang dibalikin lagi ke desa itu mempermudah pelayanan dan semua bisa punya KTP elektronik,” ujarnya singkat. (*)