Bawaslu Imbau Jangan Ada Relawan Liar Pasangan Calon Pilgub Banten

SERANG, BCO – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten, Pramono U Tanthowi, mengimbau kedua kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Banten untuk kembali mendata dan mendaftarkan relawan pendukung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini lantaran semua aktifitas ataupun kegiatan yang berpotensi pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh lembaga atau kelompok pendukung tersebut akan menjadi tanggung jawab dari kedua kandidat baik pasangangn nomor urut satu ataupun pasangan nomor urut dua.

“Gak ada alasan, seluruh relawan harus dilaporkan ke KPU, kalau ada apa-apa tetap pasangan yang didukung yang harus bertanggung jawab,” ujar Pramono kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 14 November 2016.

Bukan saja terkait kelembagaan relawan, Pramono juga mengatakan agar tim kampanye pasangan kandidat melaporkan dana yang digunakan relawan untuk kegiatan.

“Soal dana yang digunakan juga harus dilaporkan ke KPU Banten sebagai dana kampanye,” imbuhnya.

Pramono berharap, seluruh kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur bisa melakukan hal tersebut, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban akibat kontestasi Pilgub Banten ini bisa terjaga.

“Jangan sampai ada gesekan atau dibubarkan masyarakat karena akibat ilegal baru teriak,” pungkasnya. (*)