Orok Menes Kampanye Kanderon di Hotel Tanjung Lesung

GM Tanjung Lesung Beach Hotel Widi Widiasmanto menerima Kanderon dari Ornamens di hotelnya, Sabtu 25 Fabruari 2017.

GM Tanjung Lesung Beach Hotel Widi Widiasmanto menerima Kanderon dari Ornamens di hotelnya, Sabtu 25 Fabruari 2017.

PANDEGLANG - Komunitas muda Pandeglang yang tergabung dalamOrnamens atauOrok Menes mengkampanyekan hasil karya warisan budaya berupa Kanderon di Tangjung Lesung Beach Hotel, Sabtu malam, 25 Februari 2017.

Kanderon adalah sebuah benda berbentuk tas yang terbuat dari bahan baku anyaman daun pandan kering. Tas tersebut merupakan warisan leluhur yang saat ini masih dapat bertahan di Pandeglang.

“Kanderon adalah warisan budaya yang perlu dipertahankan, bahkan dikembangkan hingga menjadi trend di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Kami (Ornamens) mengkampanyekan ini dengan harapan Kanderon menjadi ciri khas Kabupaten Pandeglang,” ujar E. S. Toink, Ketua Ornamens pada saat Kampanye Kanderon.

Dikatakan bahwa dengan memasyarakatnya Kanderon, tentu berimbas pada permintaan yang banyak dan berkelanjutan. “Dengan begitu tentunya para perajin yang sudah ada menjadi maju seiring permintaan yang banyak, kemudian bisa jadi pelaku kreatif bisa menjamur,” katanya.

Anggota Ornamens lainnya, Oji Faoji menambahkan, pemerintah perlu melirik ini sebagai ikon Pandeglang. Dengan demikian, tamu atau pun pengunjung pariwisata yang datang ke Pandeglang merasa bangga jika mengenakan Kanderon.

“Pemkab perlu menetapkan Kanderon sebagai salah satu khas Pandeglang. Implementasinya, bisa saja pada saat ada tamu dari luar daerah yang melakukan studi banding atau kunjungan kerja, peyambutannya dengan memakaikan Kanderon yang di dalamnya berisi profil daerah atau informasi lain yang perlu diketahui daerah lain,” ujar motivator yang memiliki nama lain Fauzi Albarra ini.

Kemudian, kata Oji, pelaku wisata seperti hotel juga bisa menyambut tamunya dengan memakaikan kanderon yang di dalam berisi promosi pariwisata Pandeglang, terutama yang dikelolanya.

“Harga Kanderon ini murah dan kami kira pihak hotel bisa menjadikan ini include di dalam harga paket menginap. Tinggal nanti Kanderonnya bisa ditambahkan merk hotel atau penginapan masing-masing. Selain sebagai kenang-kenangan, pengunjung juga bisa balik lagi hanya dengan dihadiahi Kanderon,” Oji berharap.

Pada saat Kampanye Kanderon, rombongan Orok Menes disambut GM Tanung Lesung Beach Hotel Widi Widiasmanto. “Ini ide bagus dan saya kira, hotel dapat mempertimbangkan ini (Kanderon-red),” ujar Widi. []