HUT Banten ke-16, Haji Embay Ziarah ke Makam Almarhum Uwes Qorny, Tokoh Pendiri Banten

h-embay-ziarahLEBAK, BCO - Calon wakil gubernur Banten pendamping Rano Karno, yakni Embay Mulya Syarief atau biasa disapa Haji Embay memperingati HUT ke-16 Provinsi Banten kali ini dengan melakukan ziarah kubur ke makam Uwes Qorny, di komplek pemakaman Pasir Kaum Rangkasbitung, Selasa kemarin.

Siapakah sebenarnya Uwes Qorny? Sehingga makamnya harus diziarahi oleh Haji Embay.

Bagi generasi muda Banten mungkin nama tokoh tersebut belum begitu familiar, namun seharusnya sosok Uwes Qorny ini lah yang layak menjadi panutan yang tidak boleh dilupakan khususnya oleh generasi muda di Banten.

Almarhum Uwes Qorny adalah seorang tokoh pergerakan dan tokoh pendiri Provinsi Banten, yang dikenal paling lantang bersuara untuk pembentukan Provinsi Banten sejak tahun 60-an.

Dalam ziarah tersebut, Haji Embay tampak didampingi sejumlah keluarga almarhum.

Menurut Embay, ziarah kubur itu diajarkan dalam agama Islam sebagai nasihat kepada yang masih hidup agar senantiasi mengingat dan mempersiapkan kematian yang baik.

“Rasulullah bersabda, orang yang cerdas itu orang yang selalu mengingat kematian dan mempersiapkan setelah kematian,” ujar Embay.

Haji Embay sendiri mengaku mengenal sosok Almarhum Uwes Qorny sebagai seorang pejuang yang gigih memperjuangkan pembentukan Banten menjadi provinsi, dimana saat harapan Banten berpisah dari Provinsi Jawa Barat semakin meredup.

Ia sendiri mengenal Uwes Qorny sejak bangku SMP hingga memasuki bangku kuliah, ia kembali bertemu dengan Uwes yang telah menjadi senior di organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI).

“Saya bertemu Uwes di pergerakan, saat itu dia sudah menjadi senior. Beliau sosok yang gigih memperjuangkan Banten menjadi provinsi melalui media massa yang ada di Jabar dan pusat. Waktu itu di Banten belum ada koran,” kenang Embay.

Sekitar 1960 hingga 1998, kata Embay, bola pembentukan Provinsi Banten nyaris keluar lapangan. Namun Uwes Qorny dan tokoh lainnya Hasan Alayidrus dikenal tetap konsisten dan bersuara lantang dalam memperjuangkan pembentukan Provinsi Banten, hingga akhirnya resmi berdiri pada tahun 2000 di era Presiden Abdurrahman Wahid.

“Saya mengenal Ka Uwes dan Ka Hasan Alayidrus dan para senior lainnya,” ungkap Haji Embay.

Menutup ziarahnya saat itu, Haji Embay mengaku mendoakan agar kehidupan akhirat tokoh pendiri Banten tersebut selalu dalam ridho Allah SWT.

“Mudah-mudahan dengan doa kita tadi, almarhum ka Uwes Qorny dan ahli kubur yang di makamkan di sini di ampuni dosa-dosanya dan dilipat gandakan pahalanya,” tutupnya. (*)