Beranda LEBAK Marak Pungli dan Dugaan Konfirasi, LSM Bentar Geruduk Disdikbud Lebak

Marak Pungli dan Dugaan Konfirasi, LSM Bentar Geruduk Disdikbud Lebak

227
0
BERBAGI

BERITA BANTEN- Puluhan elemen masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Benteng Aliansi Rakyat (Bentar) Kabupaten Lebak menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebak, Senin (17/9/2018).

Dalam aksinya, mereka menuding adanya penyunatan dan pungutan terhadap dana program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang dilakukan beberapa SDN dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri disejumlah daerah di Lebak. Diantaranya SMPN 4 Warunggunung sebesar Rp 60 ribu perorang, SMPN 3 Satap Muncang Rp 350 ribu persiswa, SMPN 4 Satap Muncang Rp 100 ribu persiswa, SDN 2 Gunungkencana sebesar Rp 150 ribu persiswa, SDN 1 Giri Jagabaya sebesara Rp 100 ribu, SDN 3 Banjarsari Warunggunung Rp 60 ribu persiswa.

“Aksi penyunatan dana bantuan pendidikan tersebut dilakukan dengan alasan yang tidak jelas dan diduga hanya mencari keuntungan oknum guru dan kepala sekolah saja,” kata koordinator aksi, Pudin, dalam orasinya.

Selain itu kata Pudin, dugaan korupsi juga terjadi pada pembangunan USB SMA 2 Panggarangan. Dimana gedung sekolah yang dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran Rp 2,1 Milyar tersebut dikerjaakan dengan asal jadi. Sehingga, bangunan yang berdiri saat ini tidak layak karena sudah banyak yang mengalami kerusakan.

“Kami juga menemukan dalam pembangunannya, pemborong tidak menyelesiakan pekerjaannya sampai 100 persen. Sehingga dugaan korupsi begitu kental,” ujarnya.

Ketua LSM Bentar, Ahmad Yani menambahkan, pihaknya melihat penyunatan dan pengutan dana pendidikan ini diduga ada konfirasi antara sekolah dan dinas pendidikan. Karena adanya pembiaran terhadap persoalan ini.

“Kami meminta Kejari dan kepolisian melakukan tindakan sesuai tupoksinya dengan profesional,” pinta Yani. IBM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here