Beranda LEBAK Apresiasi Seni Budaya Lewat Festival Multatuli

Apresiasi Seni Budaya Lewat Festival Multatuli

52
0
BERBAGI
BERITA BANTEN- Dalam rangka mengapresiasi seni budaya lokal di Lebak, Pemkab melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindik) Lebak bekerja sama dengan Direktorat Jendral (Dirjen) Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Lebak, menggelar festival Multatuli. Bertempat di Jalan abdi Negara Alun-alun Rangkasbitung, festival yang akan digelar mulai 6-9 Sepetember 2018 ini akan turut menampilkan karnaval atau arak-arakan hewan ternak kerbau milik masyarakat dari berbagai wilayah di Lebak.
Kepala Dindikbud Lebak, Wawan Ruswandi mengatakan festival Multatuli tersebut dilaksanakan atas kerjasama pihaknya dengan Dirjen kebudayaan kementrian pendidikan dalam platpom atau  program yang digagas Kementrian dan Kebudayaan RI. Lalu dari program tersebut, Lebak merupakan salah satu dari sembilan kota/kabupaten di Indonesia yang ditunjuk atau dipercaya untuk menyelenggarakan festival tersebut.
“Festivsl multatuli ini sebuah apresisasi dari Kemendikub, karena Lebak memiliki museum Multatuli,” ujar Wawan Ruswandi, Rabu (5/9/2018).
Ditambahkannya, karena acaranya berkaitan dengan kebudayaan maka pada festival multatuli ini digelar untuk memberikan apresasi pula bagi seni budaya lokal. Sedangkan selebihnya, diacara festival ini akan dimanfaatkan pula untuk kepentingan promosi wisata yang ada di Lebak.
“Kami sangat bangga, program yang berkaitan dengan acara kebudayaan yang digagas Kemendikbud bisa digelar di Lebak,” katanya.
Kepala Seksi Museum dan Perpurbakalaan pada Dindikbud Lebak, Ubaidillah menambahkan, untuk memeriahkan acara festival Multatuli ini pihaknya yang juga panitia dalam penyenggaraanya akan menampilkan festival teater, opera Saija dan Adinda, workshop mematung, telusur jejak Multatuli, konser musik KPJ, pameran sejarah kopi serta live on stage.
“Acara-acara tersebut kami gelar bertujuan menghibur masyarakat serta menambah wawasan tentang sejarah Multatuli di Lebak,” kata Ubaidillah. IBM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here