Beranda Lebak TKA di Pabrik Semen PT Cemindo Gemilang Diawasi Imigrasi Banten

TKA di Pabrik Semen PT Cemindo Gemilang Diawasi Imigrasi Banten

136
0
BERBAGI
Petugas Imigrasi Banten saat melakukan pengawasan di pabrik semen PT. Cemindo Gemilang kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (31/07/2018). (Foto Ist)
Petugas Imigrasi Banten saat melakukan pengawasan di pabrik semen PT. Cemindo Gemilang kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (31/07/2018). (Foto Ist)

BERITA BANTEN – Kantor Imigrasi Serang dan Divisi Imigrasi Kanwil Banten melakukan kunjungan ke pabrik semen PT. Cemindo Gemilang di Desa Darmasari, kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa (31/07/2018).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari pembinaan dan pengawasan terhadap keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di pabrik semen dengan merk merah putih tersebut.

Petugas imigrasi melakukan audit dan pemeriksaan dokumen serta melihat langsung TKA di lapangan. Selain itu, petugas juga mengecek sejumlah fasilitas yang digunakan TKA seperti mess dan kantin.

“Kunjungan ini bagian dari pengawasan dan pembinaan terhadap keberadaan TKA khususnya yang ada di Banten,” kata Kepala Kantor Imigrasi Serang Iyung Gunawan.

Pihaknya, lanjut Iyung, intens melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap keberadaan TKA yang ada di sejumlah perusahaan di wilayah Banten.

Selain melakukan pengecekan terhadap sejumlah fasilitas yang digunakan TKA, petugas juga melakukan dialog langsung dengan para pekerja TKA.

“Hasil kunjungan atau pengawasan di pabrik semen ini nanti saya kabari lagi ya,” ujarnya.

Baca Juga : Cemindo Tak Pernah Larang Buruh Sholat Jumat, Ketua STKBMPB Minta Maaf

Sementara, General Manager Support PT. Cemindo Gemilang Sigit Indrayana membenarkan bahwa ada kunjungan dari Kantor Imigrasi Banten ke perusahaan PT. Cemindo Gemilang.

Pihaknya menyambut baik kunjungan pihak Imigrasi dalam rangka pembinaan dan pengawasan. Cemindo dan Sinoma, terang Sigit sepenuhnya menaati aturan normatif terkait penggunaan TKA baik legalitas dokumen maupun jenis dan level pekerjaan TKA.

“Secara bertahap dilakukan transfer pengetahuan dan keahlian ke tenaga kerja lokal. Untuk tahap operasional saat ini sepenuhnya dijalankan sepenuhnya dijalankan oleh tenaga kerja terampil tenaga kerja lokal,” kata Sigit kepada awak Media, Kamis (2/08/2018).

Sigit membeber, saat ini jumlah TKA yang ada di PT. Cemindo Gemilang sebanyak 3 orang dan TKA Sinoma sebanyak 125.

“Perlu diketahui Sinoma adalah kontraktor utama dari PT. Cemindo Gemilang,” bebernya.

Ketika melihat langsung aktivitas di lapangan, Tim Imigrasi juga berdialog dengan TKA serta menyaksikan kegiatan supervisi TKA ke pekerja lokal.

Dihari yang sama, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lebak melakukan pembinaan Hubungan Industrial kepada PT Cemindo Gemilang dan sub-kontraktor yang terkait. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here