Beranda Berita Desa DPMD Lebak : ...

DPMD Lebak : Berkas Penjualan Aset Desa Cibuah Akan Dilimpahkan ke Inspektorat

614
0
BERBAGI
BERITA BANTEN- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Rusito menyebutkan bahwa kepala desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung telah melakukan kesalahan terkait penjualan tanah urugan yang berasal dari bengkok milik desa setempat.
Menurut Rusito, seharusnya Kepala desa beserta jajaran harus melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan BPD beserta tokoh masyarakat, sebelum menjual tanah urugan tersebut.
“Aturannya tidak dia (Kades-red) tempuh.
Memangnya menjual tanah sendiri, ini kan punya desa, jadi harus ada prosedur yang ditempuh,” kata Rusito, Jumat (10/8/2018).
Oleh karenanya, kata Rusito, dengan adanya kasus seperti ini, dirinya berharap agar para kepala desa se-Kabupaten Lebak menjadikan ini suatu pelajaran.
“Penjualan aset desa yang dilakukan kepala desa Cibuah adalah suatu kesalahan, jadi saya minta kepada para kepala desa yang lain jangan sampai melakukan hal yang sama,” pintanya.
Kabid Bina Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Endang Subrata mengaku, persoalan penjualan aset desa Cibuah kini sedang didalami pihaknya.
“Tim kami sudah mendatangi desa Cibuah, dan kini sedang kami pelajari, setelah itu kita serah kepada pimpinan.
Tapi jika melihat kejadiannya seperti ini, kami sangat menyayangkan sekali ketika pihak desa Cibuah sudah menjual aset desa kepada perusahaan Indomarco tanpa dilakukan musyawarah terlebih dahulu dengan BPD fan tokoh masyarakat,” ujar Endang.
Menurut Endang, ketika hasil investigasi Tim ke lapangan, pihak desa menyatakan jika uang hasil penjualan tanah desa tersebut sudah diberikan kepada masjid dan mushola.
“Harusnya uang itu masuk terlebih dahulu ke kas desa, setelah itu baru keluarkan sesuai pos-pos yang dimaksud, sehingga ada laporan administrasi pertanggung jawaban dari pihak desa,” kata Endang.
Sambungnya, hasil investigasi kami dilapangan sudah kami serahkan ke meja pimpinan, selanjutnya tinggal tunggu hasil pimpinan.
“Dan insya Allah kita akan memberikan hasil laporannya juga nanti ke Inspektorat untuk ditindak lanjuti lebih jauh,” pungkasnya. Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here