Beranda Pendidikan Menu Sahur Murah Meriah di Bawah Rp 10 Ribu ala Anak Kos

Menu Sahur Murah Meriah di Bawah Rp 10 Ribu ala Anak Kos

466
0
BERBAGI
Ilusrasi (Foto petekonline.com)
Ilusrasi (Foto petekonline.com)

Sahur merupakan salah satu hal yang harus dilakukan bagi mereka yang berpuasa. Namun, saat bulan Ramadan seperti ini, menyediakan menu sahur bisa menjadi hal terberat bagi anak kos.

Jauh dari rumah, hingga tak memiliki yang cukup terkadang menjadi pengganjal untuk bisa menikmati menu sahur bagi anak kos.

Meski demikian, sebenarnya banyak solusi untuk anak kos saat menghadapi hal seperti ini. Salah satunya memasak sendiri. Memasak sendiri bisa benar-benar menghemat dan bisa menjamin kesehatan.

Hanya bermodal uang Rp 10.000 kamu udah bisa kok bikin menu sahur, tanpa dihitung beras. Anggap saja beras sudah dapat kiriman dari orang tua atau minta ke teman sesama anak kosan. Lalu bawang putih, bawang merah, garam, sudah ada di dapur atau minta ke ibu kos.

Jadi, kira-kira menu sahur apa saja yang bisa dibuat anak kos dengan modal Rp 10.000? Melansir berbagai sumber, berikut uraiannya seperti dirangkum dari Liputan6.com:

1. Nasi goreng telur

Makanan satu ini sudah akrab banget di masyarakat Indonesia. Nasi goreng telur bisa jadi menu pas untuk sahur kamu, lo. Dengan bermodal bumbu instan nasi goreng Rp 1.500, telur satu butir Rp 2.000, sosis Rp 1.000, dan sayuran Rp 2.500, kamu sudah mendapatkan nasi goreng yang enak dan menggoda.

2. Nasi sarden

Bagi kamu yang kepengen makan ikan biar lebih sehat, kamu bisa coba jadikan sarden sebagai menu sahur kamu. Bermodal sarden kalengan ukuran kecil Rp 7.000 dan kerupuk Rp 1.000, dijamin sahur kamu nikmat dan kenyang.

Nasi Goreng (Foto selerarasa.com)
Nasi Goreng (Foto selerarasa.com)

3. Sayur sop, tempe atau tahu

Bosen makanan yang kering-kering? Kamu bisa pilih sayur sop sebagai menu sahur kamu. Biar lebih nikmat, bisa ditambah tempe atau tahu goreng. Bermodal sayuran satu paket Rp 3.000, sosis Rp 1.500, bumbu penyedap rasa Rp 500, dan tempe atau tahu Rp 2.500, kamu sudah mendapatkan menu sahur yang sehat dan kaya.

4. Tumis kangkung

Lagi pengen makan sayuran? Kamu bisa jadikan tumis kangkung dan tempe jadi menu sahur. Bermodal kangkung satu ikat Rp 2.500, tempe Rp 2.500, bumbu instan saus tiram Rp 2.000, dan kerupuk Rp 1.000, dijamin sahur kamu sehat dan bakal kenyang.

 

5. Roti bakar cokelat

Males jalan ke dapur plus bosen makan nasi? Kamu bisa coba roti bakar cokelat untuk menu sahur kamu. Bermodal roti tawar Rp 10.000, dan 2 sachet susu cokelat Rp 5.000, kamu bisa makan roti bakar cokelat ini untuk empat porsi! Oiya, kalau tidak ada pemanggang di kosan kamu, bisa lo pakai setrika.

6. Omelet Mie

Daripada bosen makan mie instan yang gitu-gitu aja, yuk coba kreasiin dengan dijadikan omelet mie. Bermodal telur dua butir Rp 4.000, mie instan Rp 2.500, dan sosis Rp 1.500, sahur kamu bakal berbeda dan enggak ngebosenin.

7. Bubur

Bosen makan nasi atau roti? Kamu bisa beralih ke bubur. Namun, memang harus diakui kalau masak bubur itu cukup ribet dan membuang banyak waktu. Tapi tenang, kamu bisa pakai bubur instan yang lebih mudah dan murah karena harganya enggak sampai Rp 10.000.

8. Nugget atau sosis

Menu paling praktis untuk sahur tentu ialah nugget atau sosis. Nugget atau sosis yang kamu beli bisa digunakan untuk stok seminggu, lo.

9. Sereal

Mau menu sehat yang mengandung berbagai vitamin, kaya serat, dan juga rendah lemak? Kamu bisa coba menyantap sereal atau oatmeal. Sereal atau oatmeal yang kamu beli, bisa kamu makan untuk beberapa hari ke depan juga, lo.

10. Nasi telur dan kecap

Males masak yang ribet-ribet dan udah kepepet imsak? Kamu bisa mengandalkan telur dan kecap. Jangan salah, meski sederhana, menu satu ini banyak banget peminatnya. Bermodal sebutir telur Rp 2.000, kecap sachet Rp 2.000, dan kerupuk Rp 1.000, sahur kamu tetap kenyang, kok.

Jadi, menu sahur mana yang bakal kamu coba?

(Sumber : Liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here