Beranda Berita Desa Tuding Sarang Pungli, BENTAR Seruduk Kantor BPN

Tuding Sarang Pungli, BENTAR Seruduk Kantor BPN

131
0
BERBAGI

BERITA BANTEN- Dinilai tidak transparan tentang anggaran sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sejumlah masyarakat yang tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat (LSM) Benteng Aliansi Rakyat (Bentar) DPC Lebak melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor BPN Lebak, Kamis (31/5/2018).

Selain tidak transparan, dalam aksinya, massa juga menuding jika anggaran sosialisasi PTSL di masing-masing desa tidak diberikan secara utuh kepada pihak desa. “Pihak desa hanya menerima dana sosialisasi sebesar 2 juta per desa, padahal anggaran yang sudah diplot dari Pemerintah pusat sebesar 12 juta per desa. Nah kemana yang 10 juta nya,” kata Agus Laga Timoriko, korlap aksi.

Masih kata Riko, pihak BPN Lebak kurang koordinasi terhadap Pemkab Lebak tentang program PTSL, terutama dalam hal SKB 3 Menteri.
“Tidak koordinasi terhadap Pemkab, bahkan hasil investigasi kami dilapangan juga, menemukan indikasi adanya pungutan liar yang dilakukan oknum pegawai BPN dengan cara memaksa pihak desa untuk membeli map berlogo BPN seharga Rp 70 ribu perlembar, dan itu suatu modus,” jelasnya.

Mamat Hidayat, Kasi Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) BPN Lebak, membantah tudingan LSM Bentar jika BPN telah melakukan pungli dan tidak transparan dalam menjalankan program PTSL. “Gak bener itu, kami tidak pernah melakukan hal seperti apa yang ditunjukan oleh LSM, justru kita malah sering menyarankan kepada pihak desa agar jangan meminta uang kepada masyarakat yang mendapatkan program ini,” kilahnya. Zis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here